Minggu, 25 Oktober 2015

persistensi gigi



Learning Objektif:
1.      Hubungan antara kelainan persistensi, hipoplasia email dan mesiodense
2.      Penyebab hipoplasia email dan penanggulangannya
3.      Penyebab mesiodens dan apakah mesiodens dapat menimbulkan perubahan warna disekitarnya?
4.      Masa erupsi gigi permanen?
5.      Apakah mesiodens terjadi pada gigi sulung atau permanen?
6.      Apakah persistensi hanya terjadi di gigi 71 dan 81?
7.      Gejala yang diimbulkan hipoplasia email?
Pembahasan:
1.      Tidak ada hubungan dari ketiganya, Persistensi itu adalah keadaan dimana gigi permanen telah tumbuh sedangkan gigi sulungnya belum goyang.
Hipoplasia email adalah pembentukan email yang tidak normal yang disebabkan oleh beberapa fakor. Sedangkan mesiodens adalah kelebihan gigi yang bentuknya tidak normal dan terletak di garis median maksila anterior di antara incisivus central.
2.      Penyebab hipoplasia email yaitu adanya gangguan dalam deposisi email selama  amelogenesis, ada berbagai fakor yang merintangi termasuk faktor-faktor genetik (amelogenesis imperfecta), faktor lokal (trauma), atau faktor-faktor sistemik (fluorosis, infeksi-infeksi mikrobial eksantemik dan fisiensi nutrisi).
3.      Mesiodens atau Supernumerary Teeth (Jumlah gigi yang berlebih) disebabkan karena faktor herediter yaitu keturunan. Dampak yang dapat ditimbulkan tergantung dari posisi yang berlebihan, yang dapat berupa:
·         Malposisi
·         Crowded
·         Tidak erupsinya gigi tetangga
·         Persistensi gigi sulung
·         Terlambatnya erupsi gigi incisivus central permanen
·         Rotasi
·         Diastema
·         Impaksi
·         Resobsi akar dan hilangnya vitalitas gigi
4.      Erupsi gigi permanen (Tahun)


I1
I2
C
P1
P2
M1
M2
M3
Maksilla
7-8
8-9
11-12
10-11
10-12
6-7
12-13
17-21
mandibulla
6-7
7-8
9-10
10-12
11-12
6-7
11-13
17-21

5.      Gigi supernumeral (tambahan) lebih sering ditemukan pada gigi permenen dari pada gigi sulung & lebih srg ditemukan pada gigi rahang atas dari pada gigi rahang bawah.

6.      Persistensi tidak hanya terjadi pada unsur 71 dan 81, tetapi disemua unsur tergantung dari sesorang yang lambat datang memeriksakan giginya. Namun terkadang ada gigi permanen yang telah erupsi namun gigi sulung belum tanggal karena tidak adanya ruang yang ditempati gigi permanen sehinggah terjadilah persistensi, jadi ketika gigi sulung sudah mendekati tanggal atau gigi permanen sudah waktunya erupsi maka seorang pasien sudah harus memeriksakan giginya untuk mengetahui bahwa gigi permanennya akan erupsi maka akan dilakukan pencabutan pada gigi sulung tersebut.

7.      Gejala yang ditimbulkan hipoplasia email adalah pembentukan lubang-lubang permukaan atau alur-alur horizontal yang jelas, tampak warna coklat kekuning-kuningan, kasar, berlubang-lubang atau mottled. Jika pengaruhnya sistemik dan berakhir hanya dalam waktu pendek, maka yang terpengaruh hanya email yang sedang terbentuk menimbulkan kelimhipoklasifikasi gigi-gigi yang sedang berkembang selama periode ini.

1 komentar: